Profil

Profil Ancilla Domini

Dengan latar belakang musik dan paduan suara yang tidak dapat dipisahkan dari Perayaan Ekaristi yang menghidupkan suasana dari perayaan itu sendiri, maka dibentuklah sebuah kelompok paduan suara yang diberi nama Ancilla Domini atau yang akrab disebut dengan Ando. Dalam bahasa Indonesia, Ancilla Domini memiliki arti “Hamba Tuhan”. Nama Ando resmi digunakan sejak tanggal 7 Juli 2004, sebelum itu kelompok paduan suara yang merupakan salah satu kategorial di bawah naungan KMK Bina Nusantara University ini bernama Koor KMK Binus. Nama Ancilla Domini ini diambil dari perkataan Bunda Maria yaitu “Ecce ancilla domini, fiat mihi secundum verbum tuum”, yang artinya “Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataan-Mu.” Pemilihan nama tersebut memiliki sebuah alasan karena Ando memilih Bunda Maria sebagai pelindung dan ingin meneladani sikap Bunda Maria yang selalu setia pada kehendak Tuhan. Dengan bersemboyankan “Many songs, one voice”, Ando bercita-cita untuk menjadi wadah tempat penyatuan berbagai macam talenta bermusik yang dimiliki mahasiswa Katolik dengan tujuan untuk memuji dan memuliakan Tuhan dan memiliki visi untuk turut serta mengembangkan dan memperkaya khazanah musik gerejani dan misi melayani umat dalam bentuk paduan suara pada misa dalam segala kondisi dan sebagai bentuk pelayanan kepada gereja.

Dalam mewujudkan visinya tersebut, Ando terlibat aktif dalam pelayanan banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak Bina Nusantara maupun pihak luar. Kegiatan-kegiatan rutin Ando dalam pelayanan antara lain mengisi paduan suara pada:

–    Misa Gereja Maria Bunda Karmel, setiap sebulan sekali,
-    Misa Jumat Pertama KMK, yang diadakan di Binus University setiap hari Jumat pada minggu pertama, pukul 11.20-13.00 WIB
-    Misa Natal KMK,
-    Misa Pekan Suci KMK,
-    Paskah Gabungan Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta Unit Barat,
-    Misa Wedding
-    dan berbagai macam kegiatan pelayanan lainnya.

Dalam perjalanan pelayanannya, Ando telah mengalami banyak suka dan duka bersama, namun semuanya itu dijadikan pengalaman yang berharga dan bahan refleksi untuk terus memuji dan memuliakan Tuhan dengan nyanyian-nyanyian yang penuh sukacita. Di hulu semuanya itu, Ancilla Domini berharap dan bertekad untuk dapat terus berkarya dalam bidangnya dan terus berkembang serta sukses sesuai dengan rencana dan program yang telah dirancang, seturut kehendak Yesus Kristus.

Profil Pelatih : Heryawan Cahyana

Heryawan CahyanaBeliau membaktikan diri untuk membimbing Ando sampai dengan saat ini. Dirigen kelahiran Bandung, 28 Januari 1984, sudah berkecimpung di dunia paduan suara sejak duduk di bangku sekolah dasar. Heri, begitu panggilan pendeknya, sudah bergabung bersama Ancilla Domini sejak duduk di bangku kuliah pada tahun 2002. Sebagai bekalnya menjadi seorang pemusik, Heri mengenyam banyak pelatihan dirigen dan teknik vokal di bawah bimbingan beberapa dirigen dan praktisi teknik vokal, antara lain Henry EP Sutjipto, Rodyanta Suryathyo, Kusumawardhani, Jay Wijayanto, Ivan Yohan, Jonathan Velasco dan Jennifer Tham. Berbagai prestasi pun pernah dicapainya, salah satunya medali emas pada kategori Musica Sacra Acapella dan medali perak pada kategori Mixed Choir pada event World Choir Olympic di Xiamen, China (2006) bersama Vox Angelorum. Selain bergabung dan melatih Ando, beliau juga aktif di beberapa paduan suara lain.

Logo ini merupakan identitas dan juga sebagai tempat terpahatnya visi dan misi dari kehidupan pelayanan Ancilla Domini.

  • Pelindung Koor Ancilla Domini

    Maria dikandung tanpa noda

    Teladan Anggota Koor Ancilla Domini

    St. Yosef

    Pelindung Website Ancilla Domini

    St. Fransiskus dari Assisi

    Santo Pelindung Internet

    St. Isidorus dari Seville